• Twitter
  • Facebook
  • Google+
  • Instagram
  • Youtube

Thursday, February 23, 2017

KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS
"Toko Komputer" 






Disusun Oleh :
                     Nama      : Royhan Arif Hendratama 
 Nim          : 16.12.9318
  Kelas       : 16-S1SI-06 

 

UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA

SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2016/2017


ABSTRAK
      Di era modern ini tekhnologi sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia, karena manusia tidak bisa lepas dari yang namanya tekhnologi, salah satu contohnya adalah komputer. Perangkat yang berisi sistem, program, data, dan informasi ini bukanlah hal yang terdengar asing dikalangan masyarakat, kebanyakan dari mereka sudah familiar dengan yang namanya komputer, karena mempermudah pekerjaan manusia. Dalam usaha bisnis, usaha toko komputer seperti jual beli komputer, rental komputer, servis komputer, dan aksesoris komputer bisa dijadikan peluang bisnis jangka panjang yang tepat sekali untuk ditekuni. Dari situlah saya mengajak dan membuka wawasan kita untuk menangkap peluang bisnis yang prospek nya cukup menjajikan yaitu membuka bisnis toko komputer.

ISI
     Peluang bisnis adalah kesempatan yang pasti bisa didapatkan seseorang atau lebih dengan mengandalkan potensi diri yang ada dan dengan memanfaatkan berbagai kesempatan baik itu peluang usaha apa saja, yang bisa sigap kita ambil. Rektor Universitas Amikom Yogyakarta, M.Suyanto, di dalam bukunya yang berjudul Everyone Can Become a Successful Entrepreneur mengatakan bahwa pendidikan kita dapat dipakai sebagai senjata untuk memulai bisnis. Pendidikan merupakan tindakan atau pengalaman yang mempunyai pengaruh terhadap perkembangan pikiran, karakter dan kemampuan fisik individu. Dari hal ini tentunya dapat kita jadikan momentum untuk berbisnis. Jika kita lihat, diwaktu yang akan datang, tentu komputer bukan lagi menjadi sebuah barang mewah dan hanya milik kalangan tertentu saja. Dengan banyaknya produsen komputer yang ada, maka masing-masing produsen tentunya akan berlomba untuk menampilkan produk yang paling unggul. Semakin banyak produk yang ada dipasaran, maka semakin tinggi pula tingkat konsumtif pelaku pasar. Jika pertumbuhan produk baru cukup tinggi, maka harga produk yang ada dipasaran juga akan semakin cepat menurun. Hal demikian jelas akan sangat menguntungkan para konsumen. Konsumen dapat memiliki banyak pilihan tipe, spesifikasi, dengan berbagai varian harga yang dapat disesuaikan dengan kantongnya. Kesempatan inilah yang akan kita manfaatkan untuk mendapatkan pasar. Dari buku Schwartz, D.J yang berjudul “Berpikir dan Berjiwa Besar”, yang dapat kita jadikan motivasi dalam memulai suatu usaha/bisnis : “Gunakanlah alat-alat ini dan berpikirlah secara kreatif :
1.     Percaya dan yakinlah bahwa usaha anda bisa dilaksanakan. Jika Anda percaya bahwa sesuatu bisa dilaksanakan, maka pikiran Anda akan menemukan cara-cara untuk melaksanakannya. Hapuslah kata “mustahil”, ”tak mungkin”, ”tak bisa”, ”tak perlu dicoba” dari khasanah pikiran dan bicara Anda.
2.    Janganlah tradisi lingkungan yang statis akan melumpuhkan pikiran Anda. Bersedialah menerima gagasan-gagasan baru.
3.    Setiap hari bertanyalah pada diri sendiri : “Bagaimana saya bisa melakukannya lebih baik?”, maka jawaban - jawaban yang positif dan praktis akan muncul.
Ketika pada akhirnya sebuah komputer menjadi kebutuhan setiap orang, dan bukan barang mewah lagi,dan dimiliki setiap kalangan maka pasar yang luas inilah yang akan kita geluti sebagai peluang usaha. Beberapa ide bisnis komputer menarik yang bisa kita coba tekuni yaitu:
1.       Aksesoris computer
Selalu berkembangnya variasi bentuk aksesoris komputer seperti mouse, monitor, keyboard, speaker serta aksesoris lainnya yang beragam, sangat diminati bagi para konsumen untuk memperindah komputer yang mereka miliki. Sehingga peluang usaha ini  memiliki prospek yang cukup bagus dalam usaha bisnis.
2.       Servis komputer
Membuka jasa servis komputer juga bisa menjadi salah satu peluang bisnis komputer yang diminati. Tidak semua pengguna komputer mengerti apa saja komponen-komponen yang terdapat di komputer. Sehingga ketika komputer mereka rusak, mereka tidak dapat memperbaikinya sendiri. Munculnya masalah tersebut bisa kita manfaakan untuk membuka peluang usaha baru yang dibutuhkan oleh para konsumen.
3.       Rental komputer
Walaupun kita berada di era modern, masih banyak orang yang belum memiliki komputer terutama mahasiswa, padahal di jaman sekarang ini tuntutan pekerjaan, tugas dari sekolah, dan kampus, sering menggunakan hasil ketikan dari komputer. Peluang ini dapat kita manfaatkan sebagai peluang bisnis.
4.       Jual beli komputer
Usaha ini memiliki prospek pasar yang cukup luas, meningkatnya minat pasar akan kebutuhan komputer memberikan peluang besar untuk memperoleh keuntungan dari hasil jual beli komputer. Peluang usaha jual beli komputer ini juga dapat dilengkapi dengan penjualan komputer second (bekas), atau pelayanan tukar tambah komputer lama dengan komputer yang baru.


 KESIMPULAN

      Sebenarnya masih banyak lagi peluang bisnis dibidang komputer. Gagasan diatas hanyalah sebagian kecil contoh dari peluang bisnis komputer dari saya ,semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi anda untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis dan kita harus selalu bersabar, percaya diri, tidak mudah putus asa, berpikir kreatif , jujur dan jangan pernah takut untuk mencoba. 

REFERENSI
http://sijanggut.blogdetik.com
http://www.anneahira.com/bisnis-komputer.htm
http://bisnisukm.com/bisnis-komputer-yang-menjanjikan.html
M. Suyanto, 2011, Everyone Can Become a Successful Entrepreneur : Smart In Entrepreneur, Andi Yogyakarta.
Schwartz, D.J. , 1978,Berpikir dan Berjiwa besar : The Magic of Thinking Big, Cetakan Pertama,Gunung Jati Jakarta.


Terimakasih telah mengunjungi blog saya,
jangan lupa kunjungi kampus saya di Universitas Amikom Yogyakarta 

 

 

 

 

 


0 comments:

Post a Comment

Contact

Get in touch with me


Adress/Street

Lampung - Yogyakarta

Phone number

085768221955

Website

ekspedisijogjaku.blogspot.co.id