• Twitter
  • Facebook
  • Google+
  • Instagram
  • Youtube

Wednesday, February 15, 2017

Ekspedisi Gunung Kidul

Meskipun Kabupaten Gunungkidul di dominasi oleh perbukitan dan pegunungan kapur yang identik dengan gersang di musim kemarau, kabupaten ini mempunyai ciri khas yang unik, baik dari sejarah, budaya, pariwisata dan kuliner. Selain wisata pantai, di Kabupaten Gunungkidul juga terdapat obyek wisata populer lainnya seperti wisata goa (luweng), wisata air terjun, wisata budaya, situs-situs pra sejarah dan candi serta masih banyak yang lainnya.



 1  Gunung Api Purba

Hasil gambar untuk Gunung Api Purba Nglanggeran
Sudahkah kalian tahu bahwa di gunung bisa dilakukan kegiatan trekking yang seru dan menyenangkan? Mendaki Gunung Nglanggeran yang berada Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk ini memiliki ketinggian hanya 700 mdpl, jadi kalian tidak butuh waktu lama karena dapat didaki dalam waktu satu jam. Konon Gunung Nglanggeran merupakan bekas gunung api yang aktif pada 60 juta tahun yang lalu, namun meskipun begitu kini puncaknya tetap ramah untuk didaki.
Gunung Ngalanggeran memiliki dua puncak; yakni puncak timur yang sangat cocok untuk menikmati matahari terbit, sementara puncak baratnya cocok untuk menikmati fenomena sunset. Tidak hanya itu, tak jauh dari puncak pengunjung juga bisa menikmati panorama Embung (kolam kecil) Nglanggeran yang terkenal sangat menawan.



 2  Goa Kalisuci

Cave Tubing di Kalisuci (source photo)


Salah satu lokasi yang sangat terkenal dan dapat dilakukan kegiatan cave tubing di Gunungkidul adalah Gua Pindul. Namun karena saat ini pengunjung sudah sangat membeludak banyaknya kini wisata Gunungkidul memberikan alternatifnya, lokasi yang tidak kalah indah dan memberikan pengalaman luarbiasa yaitu Kalisuci. Cave tubing adalah kegiatan menyusuri aliran sungai dalam gua bawah tanah dengan menaiki ban dalam yang besar.
Gua Kalisuci ini terletak di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu. Memiliki aliran air yang begitu jernih yang dapat menghanyutkan hati setiap pengunjung, apalagi ketika masuk ke dalam indahnya kegelapan Gua Kalisuci dan Gua Gelatik. Namun pengunjung harus tetap berhati-hati, karena Kalisuci memiliki jeram yang cukup menantang di titik-titik tertentu.



 3  Goa Jomblang

Hasil gambar untuk goa jomblang



Gua Jomblang yang terletak di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu ini adalah salah satu dari sekian banyaknya gua (sehingga disebut komplek gua) yang keunikannya patut untuk diabadikan. Gua Jomblang yang cara memasukinya harus dengan secara vertikal ini bukanlah destinasi biasa, namun membutuhkan keberanian dan latihan fisik. Tidak ada yang bisa memasukinya secara sembarangan, karena pengunjung butuh peralatan khusus dan guide pendamping untuk dapat menjelajahinya.
Jika ingin mendapatkan fenomena cahaya di Luweng Grubug, datanglah pada siang hari antara jam 10–12 karena waktu tersebut adalah saat yang tepat untuk mengunjungi goa yang satu ini. Setelah memasuki Goa Jomblang secara vertical, kalian akan menginjakkan kaki di sebuah area Hutan Purba yang memiliki vegetasi unik. Kemudian pemandu akan mengajak pengunjung menyusuri goa yang gelap gulita untuk menuju Luweng Grubug dimana ‘Cahaya Surga’ tersebut berada.



 4  Air Terjun Sri Gethuk

Hasil gambar untuk air terjun sri gethuk

Siapa pernah menyangka bahwa di kawasan pegunungan kapur semacam Gunungkidul, ternyata diam-diam memiliki sebuah air terjun yang begitu mempesona. Untuk membuktikan keindahannya datanglah ke Ngarai Sungai Oya yang membelah Desa Wisata Bleberan, Kecamatan Playen. Di tempat ini kalian akan menemukan air terjun Sri Gethuk yang mengalir tanpa henti di antara tebing-tebing karst. ditambah batu-batuan berundak di bawahnya menambah kesan unik air terjun yang satu ini.




 5  Pantai Timang

Gondola di Pantai Timang (source photo)

Tergantung sebuah gondola kayu sederhana dan beberapa utas tali, merupakan sebuah alat bantu yang sangat berarti bagi para nelayan pencari lobster di Pantai Timang. Dengan bertaruh nyawa, pera nelayang menggantungkan harapan dengan menyeberang menggunakan gondola tersebut tanpa mengabaikan ganasnya ombak pantai selatan tampak siap menelan siapa saja yang jatuh ke dalamnya.
Gondola kayu ini memang menghubungkan Pantai Timang di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, dengan Pulau Watu Panjang, yang merupakan pulau karang yang ada di seberangnya. Di sanalah para nelayan biasa memanen lobster tangkapannya. Bagi kalian yang tertarik untuk mencoba menyeberanginya, haruslah memiliki keberanian yang tinggi karena panjang tali ini mencapai 100 meter.





 6  Pantai Jogan

Pantai Jogan yang unik dengan air terjunnya (source photo)

Tidak terlalu jauh dari Pantai Timang, terdapat pantai yang tidak terlalu luas bahkan terhihtung sempit. Disebut Pantai Jogan yang keberadaannya tidak begitu mencolok karena dikelilingi tebing batu setinggi 15 meter dengan ombak yang cukup besar.
Namun itulah keunikannya, tebing yang mengelilinginya memiliki air terjun yang alirannya langsung jatuh ke pantai dan menjadikan Pantai Jogan ini memiliki panorama yang tidak biasa. Yang lebih menarik lagi, pengunjung dapat melakukan kegiatan canyoning yang cukup menantang.




 7  Pantai Krakal

Pantai Krakal (source photo)

Pantai Krakal adalah pantai yang memiliki garis pantai terpanjang di Gunungkidul. Menjadikannya salah satu objek wisata Gunungkidul yang menyuguhkan pesona keindahan yang begitu menawan hati. Seperti pantai lainnya, Pantai Krakal juga memiliki hamparan pasir putih dan air laut yang jernih. Dan pada periode awal bulan, pengunjung dapat menyaksikan aneka ikan hias yang muncul di sekitar pantai ini.



 8  Pantai Nglambor

Hasil gambar untuk Pantai Nglambor

Meski pantai-pantai yang berada di pesisir selatan terkenal dengan ombaknya yang besar, berbeda dengan pantai yang satu ini. Terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Pantai Nglambor yang berada di antara Pantai Jogan dan Pantai Siung ini justru berombak tenang, sehingga selain menikmati pemandangannya yang cantik pengunjung juga dapat melakukan kegiatan seperti berenang atau bahkan snorkeling. Pantai Nglambor dikenal memiliki pemandangan bawah laut yang sangat mempesono, terumbu karang yang cantik dapat ditemui di permukaan yang dangkal.



 9  Goa Gelatik

Hasil gambar untuk goa gelatik

Bagi kalian penyuka penjelajahan di dalam gua, di Gua Gelatik sangat wajib untuk dicoba karena memiliki kumpulan stalaktit dan stalakmit yang tersusun sangat indah secara alami. Gua ini dikenal masih terjaga keasliannya, selain itu gua ini juga memiliki jalur yang cukup panjang yakni kurang lebih 400 meter.
Jika kalian berminat untuk menelusuri gua yang satu ini, sangat diharapkan untuk membawa peralatan keamanan yang diperlukan. Karena selain langit-langit gua sedikit lebih rendah sehingga saat memasukinya, pengunjung harus menundukkan kepala.



 10  Pantai Jungwok

View mempesona di Pantai Jungwok

Pantai ini memang belum banyak dikenal sebagai destinasi wisata pantai mempesona di Gunungkidul, Jogja. Bahkan masih masyarakat ataupun orang tinggal di Yogyakarta pun masih banyak yang belum mengetahuinya. Padahal, pantai yang berdiri bebatuan karang ini sangatlah indah.Pantai Jungwok dianggap sebagai pantai yang masih sangat perawan di Jogja, karena destinasi ini belumdibuka secara komersil. Mungkin dikarenakan akses ke pantai ini yang cukup sulit, sehingga kebanyakan wisatawan memilih untuk mengunjungi pantai-pantai lainnya.Jika ingin menikmati Pantai Jungwok ini, pengunjung harus trekking dari Pantai Wediombo yang terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, selama kurang lebih satu jam. Namun meskipun begitu semua akan sangat terbayar dengan keindahan yang disuguhkan nantinya. Di pantai ini juga terdapat sumber air yang mengalir langsung ke laut. Tertarik untuk datang?




 11  Pantai Baron







sadfa
sdf




sdf














































  • Facebook





  • Twitter





  • Google+





  • Pinterest
     
  • Pantai Baron yang dipenuhi perahu nelayan terlihat lebih menarik (source photo)
    Pantai Baron adalah salah satu wisata favorite di gunung kidul, bagi kalian pecinta kuliner sangat disarankan untuk mencoba aneka santapan laut yang terkenal lezat disini. Pengunjung dapat mencicipi lobster, ikan kakap, bawal putih, hingga tongkol. Pantai Baron juga merupakan dermaga bagi para nelayan, maka tidak heran jika kalian menemukan banyaknya perahu-perahu yang bersantar di tepi pantai. Namun itu justru membuat pemandangan pantai ini menjadi lebih eksotis.





     12  Pantai Wediombo

    Hasil gambar untuk pantai wediombo jogja

    banyak sekali pantai yang bisa kita kunjungi di Gunung Kidul, Jogjakarta. Salah satunya adalah pantai Wediombo. Pantai Wediombo merupakan pantai berpasir putih yang ada di kabupaten Gunung Kidul. Pantai Wediombo dikenal sebagai pantai yang memiliki batu karang yang banyak. Selain itu, pantai Wediombo juga memiliki sebuah kolam renang alami yang sering dijadikan sebagai tempat berenang oleh para pengunjung. Letak kolam renang ini berada di pinggir pantai yang terbentuk dari beberapa batu karang yang menyatu. Dalam bahasa Jawa wedi artinya pasir sedangkan ombo artinya luas. Jadi, arti nama pantai Wediombo adalah pasir yang luas. Meski demikian, pantai ini sebenarnya tidaklah amat luas. Masih kalah luas jika dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Jogja, misalnya Parangtritis.

     

     13  Bukit Pengilon


    Bukit Pengilon ini tidak seperti halnya pantai di Gunungkidul lainnya yang mempunyai hamparan pasir putih yang luas, namun di sini hanyalah bukit dengan hamparan rumput nan hijau dan di sisi sebelah selatannya adalah pantai selatan. Yang menarik dari bukit pengilon ini ialah suasana angin laut dengan hamparan rumput yang hijau dan cocok sekali untuk berkemah atau camping di sini. Perpaduan nuansa alam dan laut di sini sangat begitu mempesona bagi setiap pengunjungnya. Walaupun medannya sangat sulit menuju bukit pengilon namun perjuangan kita tidak akan sia-sia dengan sajian pemandangan di bukit pengilon ini.




     14  Bukit Bintang

      

    Bukit Bintang merupakan sebuah obyek wisata yang terletak di Kota Gudeg, tepatnya di perbukitan Pathuk, Gunung Kidul, Yogyakarta. Nama asli tempat ini adalah Bukit Hargo Dumilah namun lebih dikenal dengan nama Bukit Bintang karena dari tempat ini Anda bisa menyaksikan indahnya kerlap-kerlip cahaya lampu laksana kemerlip cahaya bintang. Kerlap-kerlip cahaya lampu tersebut sebenarnya berasal dari pancaran lampu rumah-rumah yang ada di wilayah Yogyakarta dimana bila dilihat dari atas bukit ini maka pancarannya akan nampak seperti cahaya bintang. Tempat ini cukup terkenal di kalangan anak muda. Walaupun begitu tak jarang pula sekumpulan keluarga datang untuk menikmati keindahan dan keromantisan tempat ini. Walaupun obyek wisata ini juga bisa dikunjungi pada siang hari namun tempat ini akan terlihat lebih indah bila Anda mengunjunginya di malam hari.




    referensi : http://liburmulu.com/ini-dia-11-primadona-baru-wisata-jogja-di-gunungkidul
                    http://www.utiket.com/id/obyek-wisata/yogyakarta/276-bukit_bintang.html


    Terimakasih telah mengunjungi blog saya,
    jangan lupa kunjungi kampus saya di Universitas Amikom Yogyakarta 

    0 comments:

    Post a Comment

    Contact

    Get in touch with me


    Adress/Street

    Lampung - Yogyakarta

    Phone number

    085768221955

    Website

    ekspedisijogjaku.blogspot.co.id